Thursday, December 27, 2012

Bale Sasak, Gili Trawangan, Lombok

When:
November 2011

Where:
Gili Trawangan Island, Lombok, Indonesia

How to Get There:
Pertama-tama tentu saja harus mendarat di Bandara Internasional Lombok, terletak di barat daya ibukota Lombok, Mataram. Dari sini bisa naik Damri menuju Senggigi sekitar Rp25 ribu per orang. Nah, sesampainya Senggigi, lanjut ke Pelabuhan Bangsal (sekitar 45 menit dengan perjalanan naik-turun bukit yang rock n' roll) untuk menuju Gili Trawangan. Ini bisa dengan naik ojek (sekitar Rp20.000-30.000) atau naik taksi (sekitar Rp50.000). Sesampainya di Bangsal, langsung menuju loket penjualan tiket dan belilah yang ke Gili Trawangan, seharga Rp10.000 rupiah (Kapal biasa dengan maksimum penumpang sekitar 20 orang saja). Terombang-ambing sekitar 30 menit, sampailah di Gili Trawangan!

Description:
Bale Sasak dikelola oleh kakak-adik, dengan Denny yang bertanggung jawab mengurus penginapan dari hari ke hari. Kebetulan sekali Denny ini dulu teman adik ipar saya, jadi kami  dapat rekomendasi untuk menginap di sini. Lokasinya masih bisa dicapai dengan berjalan kaki dari pelabuhan, tidak jauh dari alun-alun Gili Trawangan. Sebelum alun-alun, belok kanan dan berjalanlah sekitar 50 meter dan penginapan ini bisa ditemukan di sebelah kiri jalan. Penginapan ini  bentuknya terinspirasi dari Bale Sasak, rumah tradisional suku Lombok, dengan kamar di atas dan di bawahnya semacam bale untuk duduk dan bersantai. Ada kamar yang AC dan yang kipas angin, tergantung ingin yang mana (saya waktu itu sewa yang AC dengan biaya sekitar Rp300.000 per malam). Harga ini juga sudah termasuk sarapan.Kamar mandinya juga seru, karena open air alias bisa melihat kerlip bintang saat sedang mandi! Di sana juga ada sepeda untuk disewa, TV di kamar juga dilengkapi dengan DVD player yang filmnya bisa Anda pinjam dari Denny. Ketika saya ke sana, Bale Sasak sedang dalam proses renovasi dan rencananya akan dibangun kolam renang. Coba saja dicek link yang saya berikan dan bandingkan dengan foto-foto saya. Banyak perubahan yang signifikan ya! 

Verdict:
Terbilang murah ketimbang penginapan lain dengan harga lebih menjulang. Denny juga bisa bantu jika ingin island hoping atau sewa alat snorkeling. Overall... menyenangkan!


     

 

2 comments:

  1. boleh minta no telp yang bisa dihubungi ga untuk bale sasak? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu udah klik FB yang ada di post ini? Denny: 081805757909 :D

      Delete