Monday, August 16, 2010

Kenang-kenangan dari Korea Selatan (Korsel)

Setelah dari Vietnam, mari jalan-jalan ke negara yang serial dramanya (dan tentu saja pemain prianya) digilai oleh jutaan wanita. I swear to God, there's an acquaintance of mine, who loves loves loves this errrr guy who plays in a Korean TV series, she actually woke up at 5 AM and queued for his Meet & greet! When she finally met him, she gave a photo frame with her picture and phone number at the back. Cool, huh? :) Anyway, tulisan ini muncul di majalah Cosmopolitan edisi Agustus 2010, artikel Cosmo Travel (saya akan posting lebih banyak foto agar Anda lebih.. errr.. tergoda) Thanks to Cosmo and LG who invited me to see the beauty of South Korea. Enjoy!



-->
Cantiknya Negara Macan Asia Timur
Korea Selatan sebagai destinasi liburan sekaligus belanja? Hmm, tampak mahal. Tapi jika tahu tempatnya, Anda bisa bawa pulang barang harga miring dengan kenangan indah tak terlupakan!
Anda mengenalnya melalui pemeran drama serialnya yang tampan dengan kisah cinta menyentuh hati, plus boys band yang (lagi-lagi) sangat nyaman di pandang mata. Jika sudah berurusan dengan perut, langsung terbayang bulgogi dan kimchi yang asam namun pedas dan menyegarkan itu. Berpikir tentang Korea Selatan, mungkin yang terbayang langsung berapa banyak dollar yang mesti dibawa atau menghubungi bank untuk menaikkan limit kartu kredit. Itu jika Anda berbelanja di tempat “biasa”. Ingin tahu tempat belanja murah dan seru untuk dikunjungi jika Anda pergi ke Korea Selatan? Ikuti saja saran berikut ini, mulai dari pesona ibukota sampai pulau destinasi bulan madu: tried and tested!


Where to... GO!
Namsan N-Tower. Jika Jakarta punya Monas, Seoul punya menara setinggi 479 meter di atas permukaan laut dengan 360 derajat pemandangan ke seluruh kota Seoul! Tak hanya observatori saja, Anda juga bisa menemukan restoran berskala internasional serta Cheju Teddy Bear Museum di lantai bawah. Spot favorit: berdiri di roof terrace P2, beratapkan langit, ditemani ribuan gembok warna-warni. Ternyata, banyak pasangan muda yang datang ke spot ini; dua sejoli tadi masing-masing membawa gembok yang sudah diukir nama pasangan lengkap dengan pesan untuknya, mengunci kedua gembok tadi di pagar, dan melempar jauh-jauh kuncinya. Konon dengan begitu, mereka tak akan terpisah selamanya. So sweet!
(ki-ka: Anda harus jalan sekitar 300 meter lebih dari lokasi parkir. No heels, jalannya nanjak banget! Obervatori. Saya dan Seoul dari atas! Terakhir, saya dan Daniel, teman dari LG selama di sana. Cute, huh?)

Gyeongbokgung. Sebuah istana di tengah ibukota, berdiri sejak tahun 1395, tiga tahun setelah dinasti Joseon. Saat diduduki oleh Jepang tahun 1915, 90% dari istana ini dihancurkan. Baru pada tahun 1990, pemerintah Korea mulai restorasi besar-besaran. Arsitekturnya yang khas dengan dominasi warna hijau dan merah ditambah dengan kisah dinasti yang mewah nan megah menjadikan istana ini layak masuk agenda liburan Anda.
JUMP Performance. Saatnya santai dan relaks dengan comic martial art performance ala Korea! Mengisahkan keluarga “sinting” yang jago bela diri sedang menanti kunjungan seorang tamu istimewa. Semua dibikin kacau oleh sang paman yang mabuk serta dua orang pencuri yang membobol rumah. Siap-siap saja tertawa terbahak-bahak sepanjang malam!
(Sayangnya, selama pertunjukan, tidak boleh mengambil foto atau gambar. Jadi ini poster di luarnya!)

Where to... SHOP!
Myeong-dong. Letaknya di distrik Jung-gu, antara Chungmuro, Euljiro, dan namdaemun-ro. Sebagai distrik belanja terbesar, Anda bisa menemukan berbagai macam merek lokal hingga internasional, dari yang dijual di dalam gedung atau yang digelar di pinggir jalan, mulai dari pakaian, sepatu, syal, stocking, topi, aksesori, suvenir, hingga makeup! Karena kebanyakan bertuliskan bahasa Korea dan bahasa Inggris mereka cukup terbatas, maka Anda cukup perhatikan saja list harga yang terpampang di sana, karena semuanya fixed price. Psst, sukses mendapatkan kaos dan jaket menarik mulai dari harga 2000 KW ( US$1 = 1100 KW) saja!

Mau cari apa di sini? Semuanya ada. Seperti di Pasar Baru, kendaraan tak boleh masuk!

Namdaemun Market. Letaknya juga berdekatan dengan Myeong-dong, jadi setelah dari sana, Anda bisa “meloncat” ke Namdaemun Market, sekitar 10 menit jalan kaki. Barang-barang yang dijual lebih ke tradisional Korea, tas, pakaian, jaket, aksesori, hingga payung mungil juga ginseng, namun di sini Anda bisa menawar harga. Memang tak “sesadis” layaknya di Indonesia, tapi mereka mau kok, menurunkan harga. Karena wilayahnya lumayan besar dengan banyak gang di sana-sini, pastikan Anda ingat arah Anda pergi supaya tak tersesat. Top things to buy: leather jacket, dress cantik seharga kurang dari 10.000 KW!
Yes, these three pictures are all I have while I was there. Guess I was too busy bargaining and in the "I want this, I want that" phase.

Itaewon Market. Jika barang-barang unik dari desainer lokal yang Anda cari, silakan berkunjung ke sini. Karya lukisan dari seniman-seniman muda Korea Selatan terpampang di dalam beberapa galeri yang ada di kanan-kiri jalan, bahkan Anda bisa menemukan beberapa dari seniman tadi sedang asyik melukis tanpa sedikitpun terganggu dengan riuh rendah sekitar. Barang-barang yang dijual juga lebih unik, dengan beberapa toko fokus menjajakan barang antik, seperti cawan, jam tua, dan lain sebagainya. Memang harganya lebih tinggi ketimbang dua tempat di atas, tapi dijamin beda dari yang lain. Cocok bagi Anda pencinta seni!

For the Love Birds: Jeju Island
Bukan berarti Anda pantang ke sini jika masih berstatus single! Karena letaknya di bagian selatan dengan kontur tanah dan iklim yang berbeda, maka pulau ini memang jadi destinasi favorit untuk bulan madu. Pantai, air terjun, pohon palem, lapangan golf kelas dunia, olahraga air, diving, bahkan hembusan angin kencangnya pun jadi daya tarik yang sulit terlupakan. Jika Anda pergi ke pulau penghasil buah tangerine ini, pastikan Anda mengunjungi:

Korean Folk Village. Layaknya melakukan perjalanan waktu, Anda diajak pergi ke sebuah desa tradisional Korea dan melihat seperti apa kehidupan mereka dulu dan mata pencahariannya. Jika mau, Anda juga bisa “berperan” sebagai salah satu di antara mereka dan menyewa pakaian nikah tradisional ala Korea, difoto, dan menjadikan sebagai kenangan! Pastikan Anda pergi ke satu taman yang dirancang khusus bak labirin. Yakin Anda bisa keluar dari “teka-teki” di sana?

(note: the last picture is a necklace. Nice, isn't it?)

Herb Dongsang. Ingin tahu rasanya berjalan di tengah perkebunan lavender sambil menyesap teh rasa rosemary? Di sini tempatnya! Kebun luas dan indah dengan berbagai macam jenis tanaman dan rempah. serta beberapa rumah kayu yang masing-masing punya keunikannya tersendiri. Ada yang menjual boneka, rumah kaca, sampai resto yang menyajikan sandwich organik! Hmm.. lezat!

(ki-ka: (1) The front park. (2) Banyak rumah seperti ini, tiap rumah beda-beda fungsinya. Ada resto, suvenir, dll. (3) Lavender (4) Glass house.

Yacht Tour di Jungmun Marine Park. Sore hari naik kapal yacht eksklusif, full makanan, minuman, wine, sambil berhenti di tengah laut untuk memancing ? Tak hanya mimpi, namun bisa Anda realisasikan di Jeju! Karena anginnya yang lumayan kencang, maka jaket tebal serta pelampung jadi barang wajib. Tenang, mereka sudah menyediakannya di sana dan selama di atas air.. hmm, bak Paris Hilton sedang liburan!
Highlights!
PERFECT WEATHER. Saya berkunjung ke Seoul saat mulainya musim semi (sekitar bulan Mei), dengan udara rata-rata 10 derajat Celcius dan awal bermekaran cherry blossom (Jepang menyebutnya bunga sakura) yang hanya tumbuh dua minggu saja selama setahun penuh. Sempurna!

MUST TRY FOOD. Ginseng Chicken Soup. sup berisi seekor ayam utuh yang diisi dengan nasi, ginseng, serta rempah-rempah. Yummy!
(a whole new perspective on chicken, huh?)

No comments:

Post a Comment