Wednesday, September 1, 2010

Nasihat Andal!

This article is featured in Cosmopolitan Indonesia, March 2010. Talk about advices, and such. The good thing about writing this article is I can scatter some of my personal life in there. Yups, advices that I SHOULD take some for myself :)

3L+1W Menuju Kebahagiaan!

Nasihat? Membosankan! Eits, tergantung dari siapa nasihat tersebut dan mengenai apa isinya. Kalau rumus Cosmo berikut ini pasti bisa membuat Anda mengangguk-angguk setuju.

Sedang ada masalah, bingung harus bagaimana, lalu Anda mencari seseorang untuk curhat dan menumpahkan segala uneg-uneg dan beban. Biasanya Anda tak akan mencari sembarang orang; lebih sering ke sahabat yang Anda tahu bakal mendengar dan memberi nasihat yang mencerahkan. Tak mungkin menceritakan ke teman yang doyan gosip, atau mungkin ke orangtua yang, lebih sering, memberi petuah dan wejangan.
      Makin dewasa seseorang, masalah yang timbul makin beragam, tak semudah atau sesimpel dulu (jadi ingin kembali ke masa SMU dengan rok abu-abu, saat semua terasa lebih ringan). Mulai dari finansial, pekerjaan, keluarga, hingga cinta. Ibarat sedang beraksi di arena sirkus, Anda mesti juggling bola-bola yang ada di tangan agar semuanya tetap bisa berputar seirama. Satu jatuh, yang lain pun akan begitu. Owh well, memang seperti itu yang namanya hidup, kan? Apapun yang terjadi, harus siap, berani menghadapinya dengan senyuman. Seorang teman Cosmo pernah mengatakan, “Masalah sudah terlalu banyak. Saatnya memilah mana yang butuh perhatian lebih dan mana yang butuh minim atensi. Tak usah bikin rumit sesuatu yang sebenarnya sederhana.” Benar juga. Nah, Cosmo sebagai sahabat terbaik, punya beberapa nasihat bagi Anda. Tidak, bukan bermaksud untuk menggurui, hanya agar Anda bisa menjalani semuanya dengan cara yang fun dan fearless. Kadang seseorang tak tahu kekuatan atau potensi yang dimiliki sampai seseorang membuka matanya. Jadi, coba saja dibaca deretan saran jenius dari Cosmo berikut ini, yang mencakup 3 L dan 1 W= love, lust, life, dan work. Siapa tahu ada salah satunya yang bisa jadi bahan pemikiran atau malah membantu! Pastikan ketika nanti (pada akhirnya) timbul “garis manis” di wajah, itu merupakan happy wrinkles, bukan garis berkat terlalu banyak mengerutkan dahi!

WORK
Oke, Anda sekarang bekerja untuk mendapatkan.. uang? Prestasi? Kekasih? Atau ada misi lainnya? Jawab lalu bacaderetan kalimat “bijak” ala Cosmo di bawah ini. Setelahnya, beri diri Anda pertanyaan yang sama. Berubahkah jawabannya? Hanya Anda yang tahu, dear!
1.    Uang adalah satu dari sekian banyak hasil yang Anda dapatkan saat bekerja. Pastikan pengetahuan, mentalitas, stimuli, dan kesenangan termasuk jadi bagian tersebut.
2.    Jika Anda sudah tak bisa menemukan kesenangan (sedikitpun) dalam bekerja, mungkin sudah saatnya untuk mulai mencari lagi. Hindari 10 hingga 20 tahun kemudian, Anda menengok ke belakang, lalu berkata, “Dulu, seharusnya saya...”
3.    Bekerja keras memang penting, begitu pula bekerja pintar.
4.    Anda menghabiskan 9 jam di kantor dan 6 jam untuk tidur tiap harinya. Pastikan sisa waktu dari total 24 jam digunakan untuk kehidupan sosial, seperti teman, keluarga, pacar, dan bersenang-senang. Jika bisa diselesaikan di jam kantor, untuk apa lembur?
5.    Anda tak bisa memilih dengan siapa Anda jatuh cinta. Jika ada hubungan asmara dengan kolega, pastikan Anda melakukan dengan tangung jawab dan tahu kosekuensinya. Jangan sampai menganggu kinerja kerja apalagi bikin kolega lain jengah (misal: berpelukan di kntor!).
6.    Tak semua kolega kantor tertarik dengan cerita aksi panas Anda dan si dia di dalam lift lengkap dengan segala detailnya. Akan lebih baik jika cerita seperti ini dibagi ke beberapa kolega terdekat. Beda lho, urusan personal dan bisnis.
7.    Untuk penampilan, perhatikan: kenyamanan, aksesori, warna, serta model pakaian. Gaya berpakaian Anda yang bekerja di dunia legal jelas beda dengan yang di bidang kreatif.
8.    Perusahaan tempat Anda bekerja sama pentingnya dengan jabatan yang ditawarkannya. Lebih baik bekerja pada perusahaan dengan misi dan nilai kerja yang jelas, serta memerhatikan kesejahteraan karyawannya.
9.    Ingat, lakukan pekerjaan dengan hati bahagia! Jika Anda menggerutu tiap hari dan pergi ke kantor dengan langkah berat, ini akan jadi sebuah kewajiban. Cintai pekerjaan dan anggap ini sebagai sebuah hobi!
10.    Masih mencari? Tak apa, tiap orang pernah berada di tahap seperti ini. Tetap buka mata, lihat kesempatan yang ada. Bisa jadi Anda malah berakhir dan sukses mendapatkan beasiswa atau menemukan bakat terpendam dalam menulis. Siapa yang tahu?

LUST
Hasrat dengan pasangan memang tak boleh padam, apapun alasannya. Dan Cosmo tak pernah kehabisan bahan untuk Anda jika sudah menyangkut hal yang satu ini. Hanya segelintir dari perbendaharaan yang ada, tapi dijamin “mengena”. Coba saja!
11.    Klimaks bisa membuat Anda tidur lebih baik di malam hari, karena melepas endorphins dan oxytocin, hingga bikin Anda tidur lebih nyenyak dan cepat. Oxytocin biasa dikenal sebagai hormon cinta, ini mengarah pada perasaan intim, kedekatan, dan koneksi sosial yang kuat terhadap seseorang. Err, asal hindari tidur saat sedang seks, ya.
12.    Salah satu cara untuk mengurangi stres adalah dengan berhubungan intim. Terbukti dari survei yang mencakup 4000 wanita Amerika, mereka yang mempunyai tingkat stres terendah dan secara mental stabil adalah yang aktif berhubungan seks. Have sex, be happy. (Tentu saja dengan pasangan).
13.    Seks juga terkait dengan libido. Saat stres, libido Anda menderita, hingga keinginan untuk seks berkurang dan berakhir jadi depresi. Seks? pembangkit mood!
14.    Tiap kali Anda fake orgasm, Anda baru saja mengurangi kesempatan untuk mendapatkan orgasme yang lebih lagi pada sesi panas berikutnya. Jika Anda tak memberitahu ke pasangan mana yang bikin Anda terangsang dan mana yang tidak, bagaimana ia bisa tahu?
15.    Ingat, pemain film porno beraksi seperti itu agar filmnya terjual laris. Saat seks oral, coba untuk lebih bereksplorasi. Datarkan lidah dan bayangkan Anda sedang menjilat es krim, lalu gunakan ujung lidah dari bawah hingga kepala Mr. Happy. Lihat saja responsnya.
16.    Wanita yang nyaman dengan aksi solo akan lebih paham mengenai tubuhnya sendiri, apa yang ia suka, dan tahu cara untuk orgasm cepat atau tidak (tergantung mood saja.)
17.    Seks Anda bisa jadi jauh lebih baik dan lebih baik lagi, asal Anda berlatih dengan pria yang tepat.
18.    Mempunyai foto atau video saat beradegan seks memang menyenangkan. Tapi jangan lupa kalau ia menyimpan kopinya, bisa jadi ini tak melulu jadi konsumsi pribadi.
19.    Bikin seks lebih panas tiap kalinya. Matikan lampu, ambil senter, lalu arahkan cahaya ke bagian yang paling bikin Anda terangsang. Minta pasangan untuk beraksi di sana hingga senter lama-lama meredup dan dimatikan.
20.    Tak ada di kamus manapun yang namanya seks paksa. Ingat, jika Anda tak mau itu artinya tidak. “No” means “no!”.

LOVE
Cinta. Love. Amour. Meski bahasanya beda, tapi Cosmo yakin rasanya di hati tiap orang di belahan dunia manapun sama semua. Satu kata yang sulit dijabarkan bahkan dengan ribuan kata. Nah, nasihat mengenai cinta memang tricky, dan siapa tahu beberapa di antaranya bisa membuka mata. (hey, ada istilah cinta buta, lho!)
21.    Tak ada yang namanya pria sempurna. Tapi  bukan berarti Anda pasrah dan menerima pria mana saja, apalagi yang tak mampu bikin Anda bahagia. Itu tidak merepotkan, kok.
22.    Biasanya, pria tak suka dan jengah jika terus dipaksa melakukan sesuatu oleh wanita. Don't be pushy.
23.    Rasa takut akan kehilangan seseorang tetap tak akan mengurangi rasa sakit saat benar-benar kehilangan. Tetap saja rasanya sakit.
24.    Agar hubungan bisa awet dan langgeng memang butuh kerja keras. Tapi jika kencan ketiga sudah bikin repot, mungkin memang tak sepadan.
25.    Jika pria tersebut benar-benar sayang dan cinta, Anda akan tahu, begitu pula sebaliknya. Ingat, satu orang yang tak bisa Anda bohogi adalah diri Anda sendiri.
26.    Jika Anda sudah tak tertarik lagi, lebih baik katakan sekarang.
27.    Cek Realita: Meskipun si dia terasa bak “the one”, tetap saja ada berbagai faktor lain yang bisa mengakhiri hubungan (beda prinsip, kepercayaan, keluarga dan orangtua, perbedaan usia, hingga finansial).
28.    ... tapi masalah-masalah tersebut juga bisa membuat hubungan jadi lebih kuat. Tergantung cara Anda berdua menyikapinya.
29.    Hubungan jarak jauh bisa kok, berhasil asal kalian berdua tahu dengan pasti kapan pertemuan berikutnya.
30.    Pria cenderung berbicara blak-blakkan, dan akan sulit untuk mengubah seorang pria. Jadi, usah berharap terlalu banyak dan terima apa adanya.

LIFE
Topik yang satu ini cakupannya jauh lebih luas, jadi Cosmo coba kasih lebih banyak “petuah” yang fun juga fearless agar hidup Anda lebih berwarna. Lagipula, kini saatnya untuk melihat bagian ini dari sisi yang lain; yang lebih positif dan berani!
31.    Anda tak bisa membuat tiap orang untuk menyukai Anda. Tapi jika terlalu banyak orang yang tak suka, terlihat sering membicarakan Anda di belakang, mungkin sudah saatnya Anda kontemplasi dan melihat kembali sosok diri Anda.
32.    Mengasihani diri sendiri tak akan berhasil, dan lama kelamaan hanya akan mengganggu orang-orang di sekitar saja. Ayo, tak boleh cengeng!
33.    Memang ada beberapa hal yang kadang tak masuk logika, tapi memang terjadi. It is the way it is. Ada beberapa hal yang memang bisa diubah, ada juga yang tidak.
34.    Gosip dengan kolega atau sahabat memang menyenangkan dan tak akan ada habisnya, tapi bisa berbalik jadi hal yang menyakitkan  bagi orang yang digosipkan. Itu sebabnya ada tabloid gosip.
35.    Mengeluh dan mengeluh tanpa aksi tak akan membawa Anda ke mana-mana. Urutannya: mengeluh, cari solusi, dan bertidak untuk mengubahnya.
36.    Tak semua hal di dunia ini fokus pada diri Anda dan diri Anda seorang. Tak perlu terobsesi dan pikirkan orang lain.
37.    Mereka yang lebih kaya, sukses, dan cantik belum tentu lebih bahagia dari Anda.
38.    Ada kalanya Anda harus menelan pil pahit dan ucapkan kata, “Maaf.”
39.    Tersenyumlah. Katakan, “Boleh minta tolong...” lalu selesaikan dengan, “Terima kasih.” Sapa orang dengan namanya. Berbuat ramah akan membawa Anda jauh ke depan.
40.    Coba sesuatu yang dari dulu Anda ingin lakukan. Hidup hanya sekali, dan penyesalan selalu saja datang belakangan.
41.    Bantu orang lain. Anda tak pernah tahu kapan roda berputar dan Anda yang mungkin berada di posisi orang tersebut, minta bantuan yang sama.
42.    Hidup tak akan langsung berubah sekejap, meskipun Anda sudah turun berat badan, punya pacar, berlimpah materi, atau bahkan pindah ke negara lain.
43.    Mereka yang galak, jahat, dan terlihat tak punya hati, biasanya sedih hatinya. Ia hanya menutupi kesedihan tersebut dengan memasang topeng sebagai sosok “kuat”.
44.    Ada alasannya kenapa kita punya dua telinga dan satu mulut. Artinya, kita harus mendengarkan dua kali lebih keras dan berpkir sebelum berbicara, karena sekali terucap tak bisa ditarik kembali. Ini termasuk saat menulis email, membanting telepon ke seseorang, atau berteriak ke seseorang di depan orang banyak. Hanya jeda beberapa detik saja untuk memikirkan aksi tersebut, efeknya bisa sangat berbeda.
45.    Limit Rp 11 juta yang ada di kartu kredit Anda itu milik bank, bukan uang tunai Anda. Betul sayang, Anda baru saja berhutang!
46.    Tak boleh meremehkan kekuatan dan pentingnya sepasang sepatu sensual, tas incaran, serta potongan rambut baru. Terkesan sederhana, tapi bisa mengubah mood secara instan!
47.    Kerjakan hal yang Anda paling tak suka pada Senin pagi. Masih jauh perjalanan menuju akhir pekan. Setidaknya yang menjengkelkan sudah selesai dan tak perlu berurusan lagi dengannya.
48.    Hindari bikin keputusan saat sedang takut, sedih, marah, atau sekadar ingin jalan pintas. Buat keputusan karena rasa penasaran, keinginan akan sesuatu.
49.    Bersyukur terhadap yang sudah Anda miliki. Boleh saja menargetkan diri pada titik yang tinggi tersebut, tapi jangan sampai lupa dengan yang sudah Anda miliki. Sekali lagi, bersyukurlah.
50.    Saran Cosmo: coba untuk menabung untuk bepergian, apalagi untuk  liburan ke tempat eksotik yang sudah diidam-idamkan. Tak ada yang mengalahkan kenangan dan memori indah. Ini, jauh lebih tahan lama dibandingkan materi atau benda apapun.

Keluarga? Yang Terpenting!
Cosmo taruh di bagian ini supaya tak luput dari perhatian Anda!
51.    Anda tak bisa memilih siapa keluarga Anda, jadi terima apa adanya.
52.    Mungkin keberadaan mereka sedikit “diremehkan”, karena Anda sering bertemu dengan mereka. Tapi jika sudah kehilangan....
53.    Katakan sayang pada mereka dan tunjukkan. Mereka lho, yang mencintai Anda tanpa pamrih.
54.    Saat Anda kesal dengan orangtua, ingat, bahwa mereka seperti itu karena sayang dan ingin yang terbaik. Pasti ada cara untuk menyelesaikan dengan baik-baik.
55.    Keluarga=tak ternilai harganya.

No comments:

Post a Comment